8 Sunnah Harian Rasulullah yang Gampang Dilakukan. Segera Praktekkan

Ada banyak sunnah Rasulullah yang harus kita ikuti tapi pada artikel ini kami merangkum 8 sunnah Rasulullah yang paling gampang dilakukan, mudah dipraktekkan, dan memiliki banyak manfaat serta mendapat pahala.

Mengapa Rasulullah harus diikuti? Ya, Rasulullah harus diikuti karena beliau adalah nabi Allah, seseorang yang diutus untuk kita semua, dan pada diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik. Sebagaimana firman Allah Taala berikut.

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab ayat 21)

Rasulullah juga adalah orang yang paling baik amalnya, orang yang ditunggu syafaatnya, dan  sebaik-baik makhluk Allah di muka bumi. Itulah alasan mengapa kita harus meneladani dan mempraktekkan sunnahnya. Nah, apa saja sunnah Rasulullah yang paling gampang di praktekkan? Berikut ulasannya.

Berwudhu

8 Sunnah Harian Rasulullah yang Gampang Praktekkan


1. Selalu dalam Keadaan Bersih dan Suci


Rasulullah dalam kesehariannya selalu berupaya dalam keadaan bersih lagi suci. Bahkan sebelum tidur pun, beliau tidak melewatkan untuk berwudhu.

''Siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, kesalahan-kesalahannya akan keluar dari jasadnya, bahkan sampai keluar dari ujung-ujung kukunya.'' (HR. Muslim)

2. Shalat Berjamaah Tepat Waktu


Wajib bagi seorang muslim untuk selalu berjamaah di masjid. Kita ketahui bersama jika shalat di masjid lebih banyak pahalanya dari pada shalat di rumah bagi laki laki. Rasulullah bersabda

''Kalau saja manusia tahu pahala panggilan shalat dan shaf awal, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain harus dengan mengundi, pasti mereka akan mengundi.'' (HR. Muslim)

Jika ada laki-laki yang rajin shalat di rumah berarti ia bukan laki-laki shaleh tapi laki-laki shalehah.

3. Rajin Shalat Rawatib


Shalat rawatib sejatinya harus dilakukan setiap hari sebagai penyempurna shalat fardu yang kita kerjakan. Pahala shalat rawatib ini akan dibangunkan rumah di surga, sebagaimana sabda Rasulullah berikut.

''Tidaklah seorang hamba melakukan shalat sunah dengan ikhlas lillahitaala setiap hari sebanyak 12 rakaat melainkan pasti Allah akan membangunkan rumah di surga.'' (HR. Muslim)

4. Shalat Dhuha


Banyak manfaat Shalat Dhuha jika rutin dilakukan pada pagi hari, salah satunya adalah melancarkan rezeki. Bahkan Shalat Dhuha masuk dalam bagian sedekah.

Rasulullah bersabda

''Pada pagi hari setiap persendian kalian diwajibkan sedekah, setiap ucapan tasbih itu bernilai satu sedekah, setiap kalimat tahmid itu bernilai satu sedekah, satu ucapan tahlil bernilai satu sedekah, satu ucapan takbir bernilai satu sedekah. memerintah yang makruf satu sedekah, mencegah yang mungkar satu sedekah. Dan semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.'' (HR. Muslim)

5. Berzikir


Berzikir adalah salah satu sunnah Rasulullah yang paling gampang dilakukan. Rasulullah selalu berzikir baik pagi, sore ataupun malam. 

Firman Allah dalam Al Quran

"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (QS. Al A'raf ayat 205)

6. Senantiasa Membaca Al Quran


Membaca Al Quran memiliki banyak kebaikan dan pahala. Al Quran juga akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada mereka yang sering membacanya. Jadi, amat merugi jika kita melewatkan membaca Al Quran dalam sehari. Rasulullah bersabda

"Bacalah Alquran karena sesungguhnya Alquran akan datang sebagai pemberi syafaat bagi sahabatnya (orang yang rajin membacanya).'' (HR. Muslim)

7. Selalu Beristigfar


Walaupun Nabi Muhammad adalah Rasul utusan Allah, orang yang paling baik amalnya, dan suri teladan yang baik, tapi beliau tetap meminta ampun kepada Allah.

''Demi Allah, aku selalu beristighfar dan bertobat kepada-Nya lebih dari 70 kali dalam sehari.'' (HR. Muslim)

Sudahkan meminta ampun kepada Allah hari ini?

8. Tidak Melewatkan Sedekah


Salah satu amalan yang tidak terputus pahalanya adalah dengan bersedekah. Rasulullah pun selalu bersedekah. Waktu sedekah yang paling utama adalah ketika "tak punya". Sebagaimana hadits Rasulullah berikut.

"Pernah suatu ketika, seorang lelaki datang menemui Rasulullah SAW dan bertanya, Wahai Nabi, sedekah apa yang paling utama? Nabi SAW menjawab, Bersedekahlah saat kau dalam kondisi sehat, kikir, takut miskin, dan sedang berharap menjadi kaya, tidak menunda sampai nyawa di tenggorokan baru kau berkata, Aku sedekahkan ini untuk si fulan segini, padahal itu sudah menjadi bagian si fulan (ahli warisnya).” (HR. Bukhari)

Itulah 8 sunnah Rasulullah yang paling gampang dilakukan sehari-hari. Masih banyak yang lain, tapi Allah sangat menyukai hamba yang konsisten dalam beramal. Sudahkah kamu melakukan amalan-amalan tersebut?

Komentar