9 Golongan Manusia yang Dilaknat Malaikat. Semoga Kita Tidak Termasuk

Walaupun malaikat adalah makhluk mulia tapi mereka juga bisa melaknat manusia karena perbuatan maksiat yang dilakukan manusia itu sendiri. Ternyata ada 9 golongan manusia yang dilaknat malaikat.

Malaikat adalah makhluk yang paling dekat dengan Allah, mereka bisa mendoakan manusia dengan kebaikan dan juga bisa melaknat manusia yang melakukan kesalahan. Siapa saja manusia yang dilaknat para malaikat?

Suami Istri
Suami Istri

9 Golongan Manusia yang Dilaknat Malaikat


1. Istri yang tidak mau melayani suami tanpa udzur


Jika istri memiliki udzur maka tidak mengapa, tapi jika tidak memiliki udzur maka laknat malaikat kepadanya.

Rasulullah bersabda

“Apabila suami mengajak istrinya ke ranjang (hubungan badan) dan dia menolak, kemudian suami marah kepadanya, maka para malaikat akan melaknatnya sampai pagi.” (HR. Bukhari & Muslim)

2. Orang yang tidak menghargai jaminan keamanan yang diberikan oleh seorang muslim


Rasulullah bersabda

“Jaminan kaum muslimin itu satu. Siapa yang mengganggu jaminan keamanan kaum mukminin maka untuknya laknat Allah, para malaikat dan seluruh umat manusia.” (HR. Bukhari)

Orang kafir yang telah mendapat jaminan keamanan di negeri kaum muslimin, maka tidak dibenarkan untuk diganggu.

3. Penghina sahabat Rasulullah


Para sahabat Rasulullah adalah mereka yang selalu beriman kepadanya, menemani beliau dalam berdakwah, sehingga kita tidak pantas menghina dan mencela mereka karena mereka adalah orang-orang yang lebih mulia dari kita. Bagaimana mungkin kita sebanding dengan orang-orang yang menemani Rasulullah?

Rasulullah bersabda

“Siapa yang mencela sahabatku, maka dia akan mendapat laknat Allah, para malaikat, dan semua manusia.” (HR. Thabrani)

4. Orang yang mengacungkan senjata kepada sesama muslim


Orang yang mengacungkan senjata kepada sesama muslim, maka mereka akan mendapat laknat para malaikat walaupun itu hanya bercanda, apalagi beneran.

Rasulullah bersabda

“Siapa yang mengacungkan senjata kepada saudaranya sesama muslim maka para malaikat akan melaknatnya sampai dia lepaskan. Meskipun yang menjadi sasaran adalah saudaranya sebapak atau seibu.” (HR. Muslim)

5. Orang yang keluar dari agama Islam (murtad)


Orang yang keluar dari agama Islam atau murtad juga mendapat laknat dari para malaikat. Hal ini dijelaskan dalam Al Quran surah Al Imran ayat 86 berikut.

"Bagaimana Allah akan menunjuki suatu kaum yang kafir sesudah mereka beriman, serta mereka telah mengakui bahwa Rasul itu (Muhammad) benar-benar rasul, dan keterangan-keteranganpun telah datang kepada mereka? Allah tidak menunjuki orang-orang yang zalim."

Kemudian ditegaskan pada ayat selanjutnya.

"Mereka itu, balasannya ialah: bahwasanya laknat Allah ditimpakan kepada mereka, (demikian pula) laknat para malaikat dan manusia seluruhnya." (Al Imran ayat 87)

6. Orang yang mati dalam keadaan kafir


Allah Taala berfirman

"Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para Malaikat dan manusia seluruhnya." (Al Baqarah ayat 161)

Orang yang mati dalam keadaan kafir, baik karena kafir dari lahir ataupun kafir karena murtad atau keluar dari agama Islam, bukan hanya dilaknat malaikat tapi juga Allah Taala dan seluruh malaikat.

7. Orang yang berlaku dzalim di kota Madinah


Berlaku dzalim di kota Madinah pun akan dilaknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Oleh karena itu, jangan pernah berlaku dzalim disana, karena Rasulullah pernah berdoa

“Ya Allah, siapapun yang mendzalimi penduduk Madinah atau menakuti mereka, maka jadikan dia takut. Untuknya laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia.” (HR. Thabrani)

8. Orang yang tidak mengakui orang tuanya


Kasus seperti ini sering terjadi dan sering kita saksikan. Banyak anak yang tidak mengakui orang tuanya.

Termasuk anak angkat yang seharusnya dinasabkan kepada ayah kandungnya. Kasus seperti ini biasanya terjadi kepada mereka yang mengadopsi anak.

Bahkan seorang anak yang termasuk hasil zina sekalipun, harus dinasabkan pada ibunya, karena jika dinasabkan pada bapaknya maka ia telah melanggar ketentuan agama karena anak tersebut adalah anak diluar nikah. Oleh karena itu, jangan berzina. Konsekuensinya sangat besar.

Rasulullah bersabda

“Siapa yang mengaku keturunan seseorang yang bukan bapaknya, maka dia mendapat laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima amal wajib dan sunahnya pada hari kiamat.” (HR. Muslim)

9. Orang yang melindungi pelaku kejahatan


Mungkin kamu sering menyaksikan orang yang melindungi pelaku kejahatan. Biasanya kasus seperti ini terjadi di pengadilan.

Rasulullah bersabda

“Siapa yang membunuh dengan sengaja maka dia berhak diqishah (balas bunuh). Dan siapa yang menghalangi antara keluarga korban dengan pelaku untuk melakukan qishas maka dia mendapat laknat Allah, para malaikat, dan semua manusia. Tidak akan diterima darinya amalan wajib maupun amal sunahnya.” (HR. Nasai & Ibn Majah)

Dulu, saya ingin kuliah di jurusan seperti itu, namun karena saya takut dan berpikir jangan sampai saya melindungi orang jahat hingga saya urungkan niat tersebut. Pertimbangannya adalah jangan sampai keluarga sendiri yang berbuat jahat, karena tentu saja harus didukung. Bagaimana denganmu?

Komentar