Benarkah Ada Manfaat Martubasi Bagi Wanita Hamil? Ini Penjelasannya

Benar atau tidaknya manfaat martubasi bagi wanita hamil, tentu harus melalui penelitian. Wanita memiliki kebahagiaan tertentu ketika hamil. Siapa sih yang gak bahagia jika sebentar lagi bakal punya anak.

Pada saat hamil, suasana hati wanita sangat cepat berubah. Hal ini harus dipahami oleh para suami karena wanita hamil akan mengalami lonjakan progesteron, estrogen, dan testosteron yang mempengaruhi keadaan wanita hamil. Ternyata ada beberapa manfaat martubasi bagi wanita hamil.

Wanita Hamil
Wanita Hamil

3 Manfaat Martubasi Bagi Wanita Hamil


1. Menjaga Imunitas


Imunitas sangat penting bagi tubuh apalagi wanita hamil yang rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, martubasi saat hamil dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mood yang Relatif Stabil


Biasanya hormon Oksitosin akan diproduksi lebih banyak saat martubasi pada wanita hamil. Fungsi hormon ini adalah membuat suasana hati wanita hamil menjadi lebih baik.

3. Menurunkan Perasaan Stres


Banyak dokter yang membolehkan martubasi saat hamil, karena mereka yakin jika martubasi dapat menurunkan perasaan stres. Artinya kamu bisa merasa rileks dan bahkan membuat pengalaman tidur yang nyaman.

Hukum Martubasi Menurut Islam


Terlepas dari manfaat yang didapat saat martubasi pada wanita hamil, hukum martubasi dalam agama masih diperdebatkan.

Sebagian ulama mengharamkannya secara mutlak, ada juga yang menghukumi martubasi sebagai makruh jika dilakukan, dan ada juga yang membolehkan jika memang takut terjerumus pada perbuatan zina, misalnya jika suami sedang berada di luar kota.

Namun hal yang paling baik dilakukan adalah membentengi diri agar tidak melakukan martubasi sebagai bentuk kehati-hatian. Masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari perbuatan maksiat tersebut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak terjerumus pada martubasi


1. Selalu mengingat Allah


Senantiasa sadar jika Allah Maha Mengetahui segala sesuatu baik apa yang ditampakan maupun apa yang tidak ditampakan. Allah selalu mengawasi perbuatan hambaNya.

2. Berpuasa


Rasulullah menyuruh kita untuk menikah jika tidak mampu maka disarankan untuk berpuasa. Hal ini lebih baik dari pada melakukan perbuatan martubasi.

3. Melakukan kegiatan yang positif


Mengisi kegiatan sehari-hari dengan hal-hal yang positif, misalnya membaca artikel di blog ini, memasak, bisa juga dengan liburan, atau juga ngumpul bareng teman.

Menurut kamu gimana?

Komentar